Introduce

This blog talk about job info

I hope this blog will be help you

Informasi Job, beasiswa dan artikel-artikel lainnya yang akan kami update secara berkala

Monday, June 25, 2007

Sopankah Menanyakan Hasil Wawancara?

Panggilan wawancara kerja (debriefing jobs) merupakan sesuatu yang selalu dinantikan oleh setiap pelamar kerja (job seeker), karena disitu merupakan hasil akhir dari sejumlah tes yang telah anda lakukan (psikotest). Terkadang kita menjadi kebingungan dan penasaran atas hasil dari wawancara kerja (debriefing jobs) yang telah kita lakukan.

Apakah pantas menanyakan hasil wawancara kerja yang telah kita lakukan ??

Memang, pada beberapa perusahaan membutuhkan beberapa waktu terkadang sampai satu bulan untuk memproses hasil dari tes wawancara (
debriefing test). Jadi, apabila anda menghadapi situasi tersebut maka anda dapat menanyakan hasil tes wawancara kerja setelah lewat dua minggu dari waktu wawancara. Tanyakan langsung pada divisi HRD atau orang yang mewawancarai anda.

Jika pihak perusahaan menjawab bahwa "hasil test Anda tersimpan dalam database dan sewaktu-waktu diperlukan Anda akan dipanggil lagi", berarti jawaban sesungguhnya lamaran Anda tidak diproses lebih lanjut. Jawaban seperti itu biasanya merupakan penolakan secara halus setidaknya untuk saat itu. Bisa jadi, suatu saat jika ada kualifikasi yang cocok, Anda akan dipanggil lagi. Namun dengan jawaban seperti itu Anda jangan lantas terus menanti tanpa berusaha lagi. Buatlah lamaran lain sebanyak-banyaknya.

Sebaliknya kalau jawaban perusahaan memberi kepastian, misalnya,"Anda memang memenuhi kualifikasi kami dan dengan pertanyaan Anda, kami sekaligus memanggil Anda pada tanggal...", berarti kemungkinan besar Anda akan diterima. Mungkin saat itu pihak perusahaan belum sempat menghubungi Anda lebih lanjut dikarenakan adanya kepentingan lain.

"Kegagalan merupakan suatu awal dari keberhasilan", suatu usaha suatu saat akan menemukan keberhasilan. Namun, apabila kita berhenti dan tidak melakukan suatu usaha, sudah pasti itu merupakan suatu kegagalan tanpa menemukan keberhasilan

No comments: